loading...

Tuesday, March 21, 2017

Bentuk Surat Yang Baik dan Benar

loading...

Salam Pembaca. Kali ini Admin akan memberikan gambaran beberapa format bentuk surat yang digunakan suatu instansi. Mari kita lihat di bawah ini.

Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang bagian-bagian surat yang benar dari Kop surat sampai nama penanda tangan. Dan penempatan bagian-bagian surat itu termuat dalam format tertentu membuat perbedaan-perbedaan bentuk surat, yang biasa disebut juga dengan istilah "style". Bentuk atau "style" surat dalam suatu organisasi ditentukan oleh organisasi yang bersangkutan. Namun ada beberapa bentuk-bentuk surat yang biasa digunakan dalam suatu lingkungan organisasi atau perusahaan niaga, yaitu sebagai berikut:

1. Format Balok/Lurus Penuh (Full Block Style)


2. Format Balok yang diubah (Modified Block Style)

3. Format Setengah Balok (Semi Block Style)

4. Format Sederhana (Simplified)

5. Format Surat Resmi 1

6. Format Surat Resmi 2

7. Format Surat Resmi (KEPMENPAN No. 71/1993)

8. Format Paragraf Menggantung (Hanging Paragraf)

Itulah beberapa bentuk-bentuk surat, semoga dapat membuat Anda lebih paham mengenai surat dan untuk memperbaiki kesalahan penempatan bagian-bagian surat yang mungkin Anda buat.

Jika ada pertanyaan terkait artikel dan konten pada Blog ini, anda dapat meninggalkan komentar atau bisa menghubungi saya melalui Contacts, akan saya balas pertanyaan anda segera mungkin. Terima kasih.


EmoticonEmoticon