loading...

Sunday, March 12, 2017

Promosi Penjualan

loading...

Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar tentang sesuatu mengenai surat niaga, apakah anda tahu apa itu surat niaga? Dan apakah anda juga memerlukan pemahaman mengenai surat niaga?.

Secara singkat, Surat Niaga adalah surat-surat yang digunakan dalam lalu lintas perniagaan. Sebagai contoh yaitu, promosi penjualan, surat penangguhan pembayaran, surat referensi, dan lain-lain.

Berikut ini adalah contoh dari surat niaga yang dapat anda baca :

Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh penjual atau perusahaan dengan cara mengadakan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan penjualan barang-barang produknya. Promosi penjualan dapat dilakukan melalui beberapa cara, seperti iklan, reklame, triler, dan slide. Meskipun bentuknya tidak seperti surat biasanya, namun tetap promosi penjualan dapat dikatakan surat niaga. Karena dibuat dengan bentuk tulisan dan dengan maksud untuk menyampaikan.

A. Iklan

Iklan, yaitu usaha yang dilakukan untuk mempengaruhi konsumen yang dibuat dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau kombinasi semuanya yang ditujukan kepada umum. Contoh saja anda dapat melihat di media televisi di sana banyak sekali bermacam-macam iklan kombinasi.
Gambar Iklan

Agar iklan dapat memberikan hasil yang diharapkan maka anda dapat memperhatikan hal-hal berikut ini.
  • Iklan harus menarik perhatian umum.
  • Iklan harus singkat, jelas, dan mudah dipahami.
  • Isi iklan langsung menuju sasaran
  • Iklan tidak boleh memuat kata-kata yang menyinggung perasaan orang lain.

B. Reklame

Reklame adalah usaha untuk menyebarkan keterangan tentang buah pikiran, jasa, atau hasil produksi untuk menarik orang lain agar berbuat sesuai dengan yang dikehendaki oleh pemasang reklame.
Gambar Reklame

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat reklame adalah:
  • Reklame harus singkat, jelas, dan mudah dipahami maksudnya,
  • Reklame harus menarik dan memikat hati,
  • Reklame harus jujur, jadi bukan untuk menipu atau memperdaya orang lain,
  • Reklame harus dilakukan berulang-ulang supaya masyarakat tertarik,
  • Reklame harus bersifat menguntungkan konsumen.

C. Triler dan Slide

Triler adalah propaganda dengan cara mengadakan pertunjukan film dari satu tempat ke tempat lain (berkeliling), yang film utamanya mengenai barang produksinya dan untuk menarik perhatian masyarakat diputar juga film-film lain. Namun triler kini sudah jarang ditemukan atau mungkin lebih tepatnya sudah tidak ada. Lebih praktis menggunakan iklan dan juga slide.
Sedangkan Slide adalah alat promosi penjualan yang ditayangkan di bioskop-bioskop sebelum film diputar. Namun slide kini tidak harus ditayangkan di bioskop-bioskop, ada juga yang di tayangkan di jalan raya. Slide ditayangkan sesuai kebutuhan.

Gambar Triler dan Slide

Baik triler maupun slide bertujuan untuk:
  • Menawarkan atau mengenalkan produk barang dan jasa kepada masyarakat dalam sekali putar atau pertunjukan film.
  • Meningkatkan omzet penjualan.
  • Menerkam biaya operasi promosi penjualan.

Nah itulah sedikit penjelasan singkat mengenai surat niaga beserta contohnya. Cobalah anda mulai belajar untuk membuat kalimat iklan dan reklame yang isinya memperkenalkan atau menawarkan sebuah produk barang atau jasa! Agar anda lebih memahami surat niaga.

Contoh dari surat Promosi Penjualan dapat anda klik di bawah ini :

Surat Promosi Penjualan -> Unduh Format

Contoh berikutnya dapat anda lihat dipostingan berikutnya. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon