Wednesday, October 18, 2017

Tata Cara Menyusun Surat Edaran

loading...


Salam Pembaca, semoga hari Anda menyenangkan.
Sama seperti halnya dalam membuat surat lain, dalam surat edaran pun terdapat tata cara dalam menyusunnya. Adapun tata cara dalam menyusun surat edaran, antara lain.

Baca juga: Isi Surat Edaran dan Bagian-bagiannya

  1. Nama instansi dicetak atau diketik dengan huruf kapital sesuai dengan ketentuan.
  2. Nama dan alamat atau pihak-pihak yang dituju diketik dua bait dari garis terakhir nama instansi atau dari garis kop surat.
  3. Istilah atau kata edaran surat diketik dengan huruf kapital.
  4. Nomor diketik satu bait dari kata edaran dan satu margin dengan kata tersebut.
  5. Baris pertama diketik 10 ketukan dari sisi sebelah kiri tiga bait dari nomor dan alinea berikutnya diketik dua bait dari baris terakhir alinea pertama.
  6. Tempat, tanggal, bulan, dan tahun surat edaran dikeluarkan diketik dua bait dari baris terakhir isi surat.
  7. Nama jabatan penanggung jawab diketik dua bait dari nama tempat dan nama terang diketik empat bait dari nama jabatan serta NIP diketik satu bait dari nama terang.
  8. Tembusan sebelah kiri lurus dari alinea pertama sejajar dengan nama terang atau NIP.

Baca juga: Bagan atau Format Surat Edaran

Demikian tata cara dalam menyusun surat edaran, mudah bukan. Agar lebih jelas Anda dapat melihat contoh surat edaran, klik di sini. "Bagikan atau share Artikel ini, jika Anda menyukainya atau merasa Artikel ini bermanfaat.". Namun jika Anda tidak menyukainya, tidak ada unsur paksaan, tetapi sangat diharapkan. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon