Monday, March 20, 2017

Absensi atau Daftar Hadir Guru dan Siswa

loading...


Salam Pembaca, kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian Absensi dan absen apa yang digunakan di sekolah.

Absensi atau kartu jam hadir adalah dokumen yang mencatat jam hadir setiap karyawan di perusahaan. Catatan jam hadir karyawan ini dapat berupa daftar hadir biasa, dapat pula berbentuk kartu hadir yang diisi dengan mesin pencatat waktu. Pekerjaan mencatat waktu pada dasarnya dapat dipisahkan menjadi dua bagian yaitu pencatatan waktu hadir (attendance time keeping) dan pencatatan waktu kerja (shop time keeping).

Namun ini absen yang digunakan untuk Guru, dan siswa di sekolah, absen yang digunakan tidak seperti perusahaan dan sebagainya. Absen di sekolah kebanyakan menggunakan absensi jenis catatan tangan. Karena absensi catatan tangan sangat mudah dan murah untuk di gunakan.

Jenis absensi, diantaranya:
  1. Absensi Catatan Tangan
  2. Absensi Almano (Sistem Ceklok)
  3. Absensi Sidik Jari (Finger Scan)
  4. Absensi Telapak Tangan.
Absen siswa di sekolah sangat berguna untuk melihat tingkat kehadiran siswa di sekolah. Baik itu alpha, izin, atau sakit, dan dari absen ini lah guru bisa menentukan prestasi bagi siswanya begitu pula absen guru.

Absen guru di sekolah yang menggunakan jenis catatan tangan memiliki kekurangannya yaitu:
  • Pegawai/pekerja dapat menulis waktu hadir/pulang sesuai dengan kehendaknya.
  • Pegawai/pekerja dapat mencatatkan waktu hadir/pulang temannya yang belum datang atau pulang lebih awal.
  • Bagian penggajian akan mengalami kesulitan pada saat merekap jam hadir pekerja pada akhir bulan.

Jika anda memerlukan Format Absensi Guru dan Siswa dapat anda klik di bawah ini:Jika ada pertanyaan terkait artikel dan konten pada Blog ini, anda dapat meninggalkan komentar atau bisa menghubungi saya melalui Contacts, akan saya balas pertanyaan anda segera mungkin. Terima kasih, Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon