Friday, July 21, 2017

Surat Perjanjian Pinjam Uang

loading...


Salam Pembaca. Sebelumnya saya telah membuat artikel mengenai surat perjanjian kerja dan sewa-menyewa. Nah, untuk kali ini masih berada pada surat perjanjian, namun surat perjanjiannya yaitu Surat Perjanjian Pinjam Uang. Apakah yang dimaksud dengan surat perjanjian pinjam uang?.

Surat perjanjian pinjam uang adalah suatu surat perjanjian, dimana pihak yang satu (kreditur) atau bisa kita sebut yang pihak meminjamkan memberikan sejumlah uang kepada pihak lain (debitur) atau disebut juga peminjam, dengan syarat debitur akan mengembalikan sejumlah uang yang sama nilainya pada waktu yang telah disepakati.

Agar perjanjian pinjam uang tersebut dapat terlaksana dengan baik, maka di dalam surat perjanjian harus dinyatakan dengan tegas mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak. Perjanjian pinjam uang ini dibuat dalam bentuk akte di bawah tangan atau akte otentik. Apabila pinjam uangnya kepada bank, biasanya pinjaman dibuat dalam bentuk akte otentik.

Adapun isi surat perjanjian pinjam uang, yaitu :
  1. Besarnya uang pinjaman
  2. Besarnya bunga
  3. Ongkos-ongkos (ongkos provinsi dan administrasi)
  4. Lamanya pinjaman
  5. Jaminan hutang atau hak-hak kebendaan
  6. Hak-hak dan kewajiban lainnya.

Sedangkan, dalam menyusun dan menggunakan surat perjanjian pinjam uang. Maka harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Kreditur harus memperhatikan keadaan debitur (peminjam) apakah dia dapat mengembalikan pinjaman tepat pada waktunya.
  2. Apakah jaminan debitur untuk hutangnya, tidak dijaminkan lagi kepada hutang lainnya.
  3. Apakah syarat-syarat yang diajukan oleh kreditur benar-benar tidak memberatkan dan disetujui debitur.
  4. Apakah hak-hak dan kewajiban lainnya sudah dipahami debitur.

Contoh surat perjanjian pinjam uang dalam bentuk akte di bawah ini (Ingat di bawah ini merupakan contoh/format yang bisa jadi tidak sama dengan aslinya):

Surat Perjanjian Pinjam Uang -> Unduh Format

Itulah sedikit penjelasan dan contoh mengenai surat perjanjian pinjam uang, hal tersebut hanya menjelaskan mengenai "surat perjanjian". Jika ada pertanyaan seputar artikel ini dapat Anda sampaikan melalui kolom komentar atau melalui Contact. Luangkan waktu sejenak Anda untuk Share artikel ini di social media jika sekiranya bermanfaat dengan menekan tombol di bawah ini. Terima kasih.


EmoticonEmoticon