Cara Pengisian Data Siswa pada Aplikasi BIOUN Online - Datazku

Ads 728x90

Wednesday, January 9, 2019

Cara Pengisian Data Siswa pada Aplikasi BIOUN Online

Salam Pembaca, Salam Sejahtera.

Semoga hari Anda menyenangkan. Ditahun baru ini yaitu tahun 2019, setiap sekolah sudah memasuki semester kedua (Genap) untuk tahun pelajaran 2018/2019. Yang artinya setiap Administrasi akan mengikuti kegiatan yang ada di semester genap tersebut, termasuk kegiatan Ujian Nasional.

Di semester kedua ini sekolah sudah memulai melakukan perbaikan data terhadap siswa-siswi kelas VI (Enam) di sekolahnya masing-masing baik melalui aplikasi Dapodik dan aplikasi Verval PD.

Selain itu, memalui perintah dari Dinas Pendidikan Daerah/Kabupaten setempat sekolah juga melalukan proses penginputan data siswa kelas VI (Enam) melalui aplikasi BIOUN Online keluaran dari Kemendikbud.

Lalu bagaimana melakukan proses penginputan data kelas VI (Enam) melalui aplikasi BIOUN Online?

Cara Penginputan Data melalui Aplikasi BIOUN Online :

  1. Sebelum memulai proses penginputan, Saya sarankan Anda menggunakan satu komputer/laptop saja untuk mengerjakan BIOUN dan Anda telah memperbaiki data siswa melalui aplikasi Dapodik dan Verval PD.
  2. Selain itu Anda juga perlu mengunduh file DZ (biasa saya menyebutnya) terlebih dahulu melalui aplikasi Manajemen PDUN atau melalui link ini Manajemen PDUN.

  3. Anda juga diharapkan untuk memiliki akses untuk masuk ke dalam aplikasi seperti Username dan Password. Biasanya diberikan oleh Dinas Pendidikan Daerah/Kabupaten setempat. Selain itu Anda juga perlu beberapa data pendukung untuk membantu proses penginputan seperti formulir peserta ujian yang diisi oleh wali murid.

  4. Setelah itu silahkan Anda masuk ke situs web aplikasi BIOUN. Anda dapat mencari atau browsing melalui peramban web yang ada atau bisa kita pakai google chrome dengan mengetikan kata kunci "bioun",
    disitu akan muncul beberapa link situs web diantaranya BIOUN SMA/SMK, BIOUN SMP, dan BIOUN SD.
    Silahkan pilih dan klik yang sesuai dengan sekolah Anda atau bisa juga mengeklik link di bawah ini :
    + http://biounsmp.kemdikbud.go.id/ (SMP)
    + http://biounsmama.kemdikbud.go.id/bioun2019/ (SMA)
    + http://biounsmk.kemdikbud.go.id/ (SMK)
    + https://biounsdmi.kemdikbud.go.id/bioun19/ (SD/MI)
    Saya sendiri pilih BIOUN SD.

  5. Setelah masuk dalam halaman depan aplikasi BIOUN, silahkan Anda masukan Username dan Password yang Anda dapat sesuai dengan kolom login. Ketikkan juga kode pengamannya, lalu klik "Masuk" atau tekan tombol "Enter" pada keyboard.

  6. Setelah masuk jika Anda pengguna baru biasanya Anda disuruh melengkapi data Akun seperti email atau nomer telepon, dan juga ubah password. Isilah email, nomer telepon, dan gantilah password lama dengan yang baru.

  7. Ketika masuk aplikasi. Pada menu "Data Peserta" biasanya akan kosong alias belum upload data peserta didik, maka untuk itu silahkan upload data pada menu "Upload".

  8. Klik tombol "Tambah",
    cari file DZ yang sudah diunduh melalui aplikasi Manajemen PDUN lalu klik Open,
    dan akan terlihat seperti di bawah ini dengan status Antrian.

  9. Jika file DZ yang anda tambahkan sudah benar sesuai dengan sekolah Anda. Maka selanjutntya klik tombol "Upload", tunggu proses upload beberapa saat, dan status berubah menjadi Sukses. Artinya file DZ sudah masuk ke dalam aplikasi BIOUN anda.

  10. Langkah selanjutnya gantilah/isi data siswa melalui menu "Biodata Peserta".
    Isi sesuai kolom yang ada seperti tanggal lahir panjang, pekerjaan orang tua, hobi, dan sebagainya lalu klik tombol "Simpan". Jika ada data yang ingin diubah namun kolom yang terkunci maka data bisa Anda perbaiki melalui Dinas Pendidikan Daerah/Kabupaten setempat.
    Namun untuk Nama, NISN, NIS, tempat lahir, dan tanggal lahir Anda dapat memperbaikinya melalui aplikasi Verval PD dan Dapodik.

  11. Perbaiki juga data Master jika ada perubahan, seperti nama kepala sekolah, nipnya, nomer teleponnya, dan sebagainya lalu klik tombol "Simpan".
    Jika terkunci, maka hubungi Dinas Pendidikan Daerah/Kabupaten setempat.

  12. Jika semua data yang Anda isi/perbaiki sudah benar dan tepat sesuai dengan data pendukung, maka Anda dapat mengunduh file DBF sebagai arsip Offline.
Itulah cara melalukan penginputan data pada Aplikasi BIOUN Online, bagaimana? mudah bukan. Jika ada pertanyaan silahkan ketik pada kolom komentar di bawah ini.

Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Kolom Komentar

Ads 728x90